Sebelum menginstal Windows kita diwajibkan untuk membackup data dokumen user, terlebih jika komputer yang kita tangani adalah milik sebuah instansi. Yang pastinya didalamnya terdapat dokumen-dokumen penting yang telah dikerjakan selama bertahun-tahun. Kepercayaan kita kepada pelanggan tentunya sangat perlu untuk kita jaga. Jadi mengamankan dokumen adalah hal wajib.
Di sini kita akan belajar bagaimana cara membackup data dokumen user. Sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan data karena instal ulang
Baca juga : Cara memastikan partisi sistem windows saat instal ulang.
Begini Cara cackup Data Dokumen Windows :
- Buka Windows Explorer dengan cara tekan tombol Windows + E bersamaan.
- Kemudian pergilah lokasi berikut C:\User\namauser\...
- Blok atau tandai semua folder dengan cara tekan Ctrl + A pada keyboard
- Copy semua folder dengan cara tekan Ctrl + C pada keyboard
Nah, sebelum meletakkan hasil backup, pastikan komputer memiliki partisi yang telah dibagi. Dalam kasus ini partisi saya sudah dibagi dua bagian yaitu C dan D. Jika di kompiter anda hanya terdapat satu partisi C, bagilah dulu partisi C agar menjadi beberapa bagian.
Baca juga : Cara memecah atau membagi partisi pada Hardisk
Karena file dokumen berasal dari partisi C, kita akan memindahkannya ke partisi lain agar aman. Buat folder baru di partisi D, Anda boleh membuat foldernya diluar atau didalam order lain selama masih dipartisi D. Ingat, membuat folder baru bisa dipartisi mana saja selama bukan di partisi C. Kamu bisa menamai foldernya bebas.
Kemudian masuk ke dalam folder yang telah dibuat. Lalu tempel atau paste folder dokumen-dokument yang telah kita copy dengan cara tekan Ctrl + V persamaan pada keyboard.
Tunggu proses hingga selesai. Sekian tutorial cara backup data dokumen user sebelum install ulang Windows 7 8 10. Bagaimana, cukup mudah bukan. Untuk kritik saran dan pertanyaan silahkan ketik dikolom komentar dibawah.