
Manusia membutuhkan komputer untuk mempermudah pekerjaan dalam menangani suatu masalah. Kelebihan komputer dalam menyelesaikan suatu masalah adalah bisa menangani masalah dengan cepat, akurat, terus menerus tanpa lelah. Namun tentunya komputer tidak bisa serta merta memahami suatu masalah secara langsung kemudian menyelesaikannya begitu saja.
Lalu bagaimana suatu komputer bisa menyelesaikan suatu masalah?
Masalah-masalah yang ditangani komputer sebenarnya telah dirumuskan kemudian dibuatkan susunan instruksi untuk menangani masalah tersebut. Agar bisa dipahami komputer, susunan instruksi tersebut diubah ke bahasa yang bisa dipahami komputer atau disebut bahasa pemrograman. Untuk itu sebelum belajar bahasa pemrograman kita terlebih dahulu harus mempelajari bagaimana membuat rumusan masalah dan membuat instruksi-instruksi dalam bahasa kita sendiri. Disinilah kita akan belajar Algoritma dan Flowchart.
Apa Itu Algoritma ?
Algoritma adalah urutan instruksi yang jelas dan logis dalam memecahkan masalah. Algoritma merupakan hasil ide pemikiran berupa instruksi-instruksi berurutan dalam menangani suatu masalah. Jadi algoritma setiap orang bisa berbeda beda-beda. Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program. Sedangkan bahasa komputer yang digunakan untuk menulis program dinamakan bahasa pemrograman. Dan orang yang membuat program komputer disebut programmer. Lalu apa hubungannya Algoritma dengan Flowchart? Algoritma bisa kita dokumentasikan menjadi sebuah gambar grafik atau disebut flowchart.
Apa itu Flowchart ?
Flowchart berasal dari dua suku kata flow dan chart. Flow artinya alur dan chart bisa kita artikan diagram atau peta. Jadi Flowchart adalah sebuah peta diagram yang menggambarkan alur urutan suatu program dalam menyelesaikan masalah. Agar seorang programmer bisa dengan mudah memetakan alur program yang sedang ia kerjakan, juga mudah untuk penyampaian ke orang lain.
Secara garis besar flowchart terdiri dari tiga bagian utama, yaitu:
- Input : merupakan bagian masukan data
- Proses : merupakan baigan pengolahan data
- Output : hasil dari data
Sedangkan urutan pemecahan masalah menggunakan komputer dapat dirangkum menjadi bagian-bagian berikut:
- Star : Merupakan bagian awal untuk memulai dan juga merupakan instruksi untuk mempersiapkan peralatan yang digunakan dalam menangani masalah.
- Read : Merupakan bagian dimana data-data input akan dibaca sebelum diolah.
- Process : Merupakan bagian operasional kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan masalah.
- Write : Merupakan bagian output laporan hasil dari operasional kegiatan yang telah dilaksanakan.
- End : Merupakan bagian batas akhir.

Ada beberapa kaidah pedoman yang harus diikuti dalam pembuatan Flowchart, yaitu:
- Urutan digambarkan dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan
- Setiap simbol flowchart sesuai dengan jenis aktivitasnya
- Setiap simbol memiliki keterangan aktivitas yang berlangsung
- Flowchart harus jelas diawali dengan star (mulai) dan diakhiri dengan end (selesai)
- Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar
Contoh penggunaan algoritma dan flowchart
Untuk lebih mudahnya perhatikan contoh berikut ini bagaimana algoritma dan flowchart saling berhubungan
- Penjumlahan dua angka
Analisa :
Rumus penjumlahan adalah hasil = A + B dimana A adalah angka pertama dan B adalah angka kedua.
Algoritma:
- Masukkan angka pertama dan kedua
- Jumlahkan angka pertama dengan angka kedua
- Tampilkan hasil penjumlahan
Flowchart
- Membuat dan mengirim surat
Algoritma :
- Ambil kertas dan pensil
- Tulis surat
- Jika sudah lipat dan masukan kedalam amplop
- Tulis alamat pengiriman bagian amplop
- Pergi ke kantor pos dan serahkan surat
- Bayar biaya pengiriman
